Mari kita wujudkan impian anak Indonesia untuk terus bersekolah!

UNICEF memperjuangkan harapan dan hak anak Indonesia, terutama mereka yang paling rentan, untuk tetap duduk di bangku sekolah. 

Saat ini, ada lebih dari 4,1 juta anak dan remaja di Indonesia yang terpaksa terputus dari pendidikan (berdasarkan data Susenas 2022). Alasannya cukup beragam mulai dari kesulitan keuangan, kehamilan yang tidak direncanakan, tuntutan bekerja untuk remaja laki-laki, dan kendala akomodasi untuk penyandang disabilitas. Anak-anak membutuhkan dukungan kita bersama karena mereka belum memiliki kekuatan untuk mengubah situasi yang dihadapi, termasuk Rere.

Rere (11), penyandang tuli dan bisu, sempat pupus harapan ketika tidak ada satupun sekolah dasar formal di sekitar tempat tinggalnya yang mau menerima Rere karena disabilitas yang dimilikinya. Adapun Sekolah Luar Biasa (SLB) terletak jauh dari tempat tinggalnya.  

Harapan Rere kembali ketika mitra UNICEF di Kabupaten Purbalingga mengunjungi rumahnya dengan membawa berita yang mengubah hidupnya. UNICEF bersama pemerintah daerah, bekerja sama dengan organisasi masyarakat sipil setempat mengupayakan penyediaan alat bantu dengar dan berkoordinasi dengan sekolah setempat untuk proses pendaftaran Rere. Sekarang, Rere sudah berhasil kembali bersekolah!

Bagaimana UNICEF mendukung Anak Tidak Sekolah (ATS)?

4,1 juta anak Indonesia yang putus sekolah akan mendapatkan dukungan yang Anda berikan melalui UNICEF yaitu:

  • Dukungan pendataan ATS dan memastikan anak-anak terhubung dengan program pemerintah di daerahnya.
  • Keterlibatan upaya intervensi lainnya guna mendorong ATS kembali bersekolah, seperti penyediaan alat bantu dengar untuk Rere, sekaligus mendukung kesejahteraan mereka.
  • Pencegahan anak-anak putus sekolah dengan mendorong pihak sekolah untuk meniadakan sanksi pemberhentian sekolah dan hukuman fisik. 

Dukungan bulanan Anda akan menjadi sinar harapan bagi mereka. Sebagai apresiasi, kami akan mengirimkan Gelang Pendekar Anak kepada Anda yang berdonasi mulai dari Rp150.000,-/bulan sebagai simbol kekuatan yang Anda berikan untuk ATS yang Anda bantu. Gelang Pendekar Anak akan dikirim dalam 14 hari kerja bagi Anda yang sudah mengisi alamat dengan lengkap.  

Bergabung jadi Pendekar Anak sekarang untuk mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia melalui pendidikan yang setara dan inklusif. 

*Donasi yang terkumpul juga akan disalurkan ke program-program kesejahteraan anak lainnya. 

Ingin berdonasi satu kali?

UNICEF juga memberikan kesempatan untuk Anda yang ingin bersedekah satu kali untuk anak-anak Indonesia. Kami akan sangat mengapresiasi bantuan Anda!

Silakan kunjungi link ini untuk berbagi satu kali.

TENTANG UNICEF

UNICEF bersama Pemerintah Indonesia, organisasi setempat, pihak swasta dan masyarakat memiliki tujuan untuk memenuhi hak-hak dasar anak Indonesia.

Mengusung program dengan fokus utama mendukung bantuan teknis, penguatan kapasitas, advokasi, formulasi kebijakan dan promosi isu-isu anak di Indonesia untuk menuntaskan jutaan permasalahannya. 

Credit Card
Debit Card
eWallet